100 Things God Loves About You: Simple Reminders for When You Need Them Most

100 Things God Loves About You: Simple Reminders for When You Need Them Most

Sejarah Pada masa menjelang akhir perintag orde baru muncul gerakan mahasiswa yang menuntut Reformasi. Sebut apa saja agenda Reformasi tersebut?

Pada masa menjelang akhir perintag orde baru muncul gerakan mahasiswa yang menuntut Reformasi. Sebut apa saja agenda Reformasi tersebut?

Jawaban:

...................................................

Pembahasan:

  • Agenda reformasi yang menjadi tuntutan para mahasiswa mencakup beberapa hal, seperti mengadili Soeharto dan kroni-kroninya, melaksanakan amendemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, menghapus dwifungsi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, melaksanakan otonomi daerah seluas-luasnya, menegakkan supremasi hukumdan menciptakan pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme
  • Kompleks Parlemen Republik Indonesiadan gedung-gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di daerah menjadi tujuan utama mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia. Organisasi mahasiswa yang mencuat pada saat itu antara lain Forum Komunikasi Senat Mahasiswa Jakarta (FKSMJ) dan Forum Kota. Meskipun salah satu agenda perjuangan mahasiswa yaitu menuntut lengsernya Soeharto berhasil, tetapi beberapa pihak menilai agenda reformasi belum tercapai. Gerakan mahasiswa ini mencakup tragedi Trisakti yang menewaskan empat orang mahasiswa yang dianggap sebagai "Pahlawan Reformasi". Setelah Soeharto mundur, kekerasan terhadap rakyat dan mahasiswa masih terjadi, yang antara lain mengakibatkan tragedi Semanggi yang berlangsung hingga dua kali. Turunnya Soeharto memulai babak baru dalam kehidupan bangsa Indonesia, yaitu Era Reformasi. Meskipun demikian, masih ada unjuk rasa untuk menuntut keadilan akibat pelanggaran hak asasi manusia selama periode gerakan mahasiswa 1998, termasuk hilangnya keberadaan mahasiswa dan kematian mahasiswa oleh aparat pemerintah.

#Brainlytugas

#maafcumansedikit,soalnya

kebanyakan

#tetaplahsangatwalaupun

prmasihbanyak:)

[answer.2.content]